Pesta Demokrasi, Jadi Sasaran Utama P5 SMA Gabungan Jayapura

Pesta Demokrasi, Jadi Sasaran Utama P5 SMA Gabungan Jayapura

Jayapura, Teraspapua.com – Salah satu tema Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kelas X Fase E SMA YPPDK Gabungan Jayapura adalah “Suara Demokrasi”. Sementara sub tema yang diangkat adalah “pelaksanaan pemilu sebagai alat pemersatu bangsa”.

“Tema yang diangkat sejalan dengan pelaksanaan pesta demokrasi saat ini. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemilihan legislatif merupakan moment penting dalam mewujudkan nilai demokrasi yang sesungguhnya,” kata Kepala SMA YPPDK Gabungan Jayapura, Sandra Grace Titihalawa, S.Pd, M.Si. Selasa (13/2/2024).

Lanjut Titihalawa, pemahaman dari sebuah nilai nasionalisme yang diwujudkan dalam pesta demokrasi ini, sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja tanpa melibatkan peserta didik.

Sehingga kata dia, SMA Gabungan melalui pembelajaran P5, mendorong peserta didik untuk melihat sebuah nilai nasionalisme yang di wujudkan melalui pelaksanaan pesta demokrasi ini.

“Untuk memperkenalkan lebih dekat pelaksanaan pesta demokrasi, peserta didik kelas X ditugaskan untuk mengamati dengan baik pelaksanaan Pemilihan di TPS terdekat, melihat lebih dekat proses pelaksanaan pemilihan yang dilandasi kejujuran keadilan, dan keterbukaan,”papar mantan Wakasek Kurikulum itu.

Prosesnya bagaimana, siapa pihak-pihaknya yang terlibat dalam pengawasan, apa bentuk kegiatan di TPS yang dilakukan untuk mewujudkan kejujuran, keterbukaan, tentu lebih fokus pada nilai demokrasi yang dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab,” imbuhnya.

Ditegaskan Titihalawa, hal hal sederhana yang diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, nilai dari sebuah demokrasi yang ada di Negara Republik Indonesia.

Tindak lanjut dari hasil pengamatan tersebut akan di diskusikan bersama teman – temannya ketika masuk sekolah.

“Dari hasil diskusi ini, saya berharap dapat memberi sebuah kebanggaan tersendiri bagi peserta didik sebagai pilar bangsa tentang pelaksanan Pemilihan Umum yang jujur dan terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Titihalawa pun berharap bahwa pemilihan umum saat ini dapat memberikan pembelajaran positif bagi peserta didik SMA Gabungan kelas X Fase E.

Walaupun mereka belum memiliki hak sebagai pemilih, namun setidaknya nilai-nilai positif sebuah demokrasi sudah diperkenalkan secara nyata melalui pelaksanaan pesta demokrasi,” pungkas dia.

(Har/Ricko)

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengumuman

Kalender Pendidikan

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

15 Juli 2019

15 Juli 2019

Hari Pertama Masuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Recent Comments